Profil Program Studi Teknik Perpipaan

Tujuan Program Studi D4 Perpipaan :

 

  • Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam fabrikasi sistem perpipaan baik pada aplikasi maritim dan industri serta penunjangnya.
  • Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang sistem perpipaan dengan menggunakan software perpipaan (Autocad 2D dan 3D, Bentley Auto Pipe, Autoplant, Navigator, Microstation, Bentley Pro Steel, Staad Pro, dan Bentley P&ID).
  • Mengembangkan kemampuan daya saing mahasiswa di dunia kerja dan memiliki jiwa kewirausaha
  • Menumbuhkembangkan riset dan kajian penelitian di bidang rekayasa perpipaan, maritim dan industri serta aplikasinya.
  • Mengembangkan kemampuan dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat, khususnya pada industri sistim perpipaan di bidang maritim dan industri perpipaan lainnya.

 

Kompetensi Utama :

Mampu  memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi khususnya dalam penyelesaian masalah.

  1. Mampu mendeskripsikan dan menganalisa masalah, serta mengambil keputusan yang tepat untuk memilih penyelesaian masalah yang dihadapi atau menciptakan inovasi baru melalui pemanfaatan pengetahuan dan teknologi rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan yang telah dikuasai.
  2. Mampu merancang, mewujudkan rancangan, dan mengendalikan suatu sistem rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan
  3. Mampu menilai efisiensi dan efektivitas sebagian atau seluruh rangkaian proses rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan berbasis teknologi yang diterapkan di bidang kerja.
  4. Menguasai keterampilan manajerial secara profesional dalam bekerja di bidang rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan.
  5. Mampu melaksanakan riset di bidang rekayasa di bidang rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.

Fasilitas :

  • Bengkel Logam Dasar
  • Bengkel Mesin Perkakas
  • Laboratorium Pneumatik dan Hidrolik
  • Laboratorium Motor Bakar
  • Laboratorium Marine Diesel Simulator
  • Laboratorium Boiler
  • Laboratorium Fluida dan Sistem Pendingin

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

Menguasai  ilmu pengetahuan dasar dan rekayasa dalam memilih teknologi untuk menyelesaikan masalah di bidang rekayasa bidang perpipaan industri darat  dan kelautan

 

Mampu mengambil keputusan strategis  berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi:

Mampu mengambil keputusan strategis pada bidang rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan berbasis pada analisis ilmiah di bidang rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan untuk mengurangi dampak penerapan teknologi rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan terhadap masalah lingkungan , energi dan kehidupan manusia.

 

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.:

  1. Mampu bertanggung jawab pada kualitas pekerjaan di bidang rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan yang dipercayakan kepadanya sesuai dengan standar kualitas kerja yang ditentukan/disepakati (standar perpipaan dan standar lainnya yang digunakan).
  2. Mampu untuk diberi tanggung jawab di bidang rekayasa perpipaan industri darat dan kelautan dan dapat berusaha secara optimal agar dapat mencapai tingkatan capaian terhadap hasil kerja yang telah ditentukan oleh organisasi.

 

  1. Kompetensi Pendukung
Kualifikasi Kompetensi Jabatan
Level I ·         Mampu membuat routing, support dan sistem perpipaan sesuai dengan layout, denah dan peralatan yang sudah ada.·         Mampu mengindenfikasi peralatan proses, pipa, valve, fitting.·         Mampu membaca instalasi pipa 2D dan 3D.·         Mampu menguraikan, membuat sketsa dan mengidentifikasi gambar P&ID dan membuktikan kebenarannya.·         Mampu mengidentifikasi dan mendaftar material sesuai dengan spesifikasi pipa yang ada.

·         Mampu mengidentifikasi situasi yang memerlukan aplikasi sesuai standar yang berlaku. ASME, JIS, API, dsb.

·         Mampu mendesain pipa dan menggunakannya pada proses fabrikasi dan ereksi sesuai metode yang benar.

·         Mampu menggambar dengan CAD.

Pipe Fitter, Pipe Fabrikator, Pipe Installer, Process Operator, Pipe, Drafter.
Level II ·         Memiliki kompetensi sebagaimana pada kualifikasi level I.·         Mampu mengidentifikasi pengaruh desain perpipaan terhadap operational peralatan dan sistem.·         Mampu mengenali dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kerja termasuk ; P&IDs, PFDs, Sketsa Peralatan, Daftar Peralatan, Spesifikasi dan Standard Pipa, Gambar  Referensi, Persyaratan K3LH.·         Mampu menyediakan data – data untuk produksi, diantaranya ; Piping bill of Material, Piping Isometric, Line List, Specialy Item List, Tie – In List, Stress Isometric, Pipeline Span, Persyaratan Pipe Support, Pipe Rack Loading.·         Mampu melakukan komunikasi intra disiplin dengan baik. Pipe Fitter Tk II, Pipe Fabrikator Tk II, Pipe Installer Tk II, Process Operator III, Pipe Drafter II.
Level III ·         Memiliki kompetensi sebagaimana kualifikasi pada level I dan II.·         Mampu memahami dan menempatkan layout (peralatan yang diperlukan, karakteristik produk, operasional, perawatan dan keselamatan kerja) untuk proses–proses berikut ; combustion and furnace heating, heat exchanger, water treatment, distillation, Reactor, steam generation and ditribution, disposal system, pressure and level control.·         Memahami konstruksi, cara kerja, perawatan dan inspeksi peralatan, diantaranya; kompresor, drums, heat exchanger, cooling tower, furnaces, pipe racks, structure, underground piping, instrumentation, storage tanks.·         Mampu melengkapi spesifikasi plan yang diperlukan.·         Mampu mengidentifikasi pengaruh desain perpipaan terhadap komisioning, start up dan shut down, dan operasional system, termasuk ; ekspansi panas, konstraksi, konstruktor, acces operator dan maintenance, kegagalan peralatan. Pipe Supervisor, Pipe Fabrikator Supervisor, Pipe Installer Supervisor, Process Operator Supervisor, Pipe Drafter III
Level IV ·         Memiliki kompetensi sebagaimana level I, II dan III.·         Memahami proses kerja yang diperlukan melalui proposal dan rencana kerja.·         Mampu melakukan perhitungan dan analisa detail sistem perpipaan.·         Mampu membuat schedule biaya pekerjaan perpipaan. Pipe Engineer, Process Engineer, Project Pipe Manager, Pipe Surveyor, Pipe Inspector, Pipe Stress Engineer.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *